Selasa, 05 Juni 2012


PENGERTIAN, FUNGSI DAN SIFAT KEPRAMUKAAN
DASAR
Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 tahun 1961 tanggal 20 Mei 1961 tentangGerakan Pramuka.
Keputusan Presiden Replublik Indonesia Nomor 34 tahun 1999 tanggal 3 Mei 1999 TentangAnggaran Dasar Gerakan Pramuka.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 tahun 1999 tanggal 22 Juli 1999Tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
PENGERTIAN-PENGERTIAN
1.Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara tekun. Kepramukaanadalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dananak-anak pergi bersama, mengadakan penembaraan seperti kakak beradik, membinakesehatan dan kebahagian, ketrampilan dan memberi pertolongan.(Menurut Bapak Pandu Dunia,
Lord Boden Powel 
)2.Kepramukaan ialah proses pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga dalam bentukkegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakaukan dialamterbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode kepramukaan yang sasaran akhirnyaPembentukan watak.(AD Gerakan Pramuka bab III, pasal 8 ayat 2, point a)3.Kepramukaan merupakan proses kegiatan belajar sendiri yang progesif bagi kaum mudauntuk mengembangakan diri pribadi seutuhnya baik fisik, nonfisik, intelektual, emosional,sosial dan sepiritual sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat.(ART Gerakan Pramuka bab III, pasal 6 ayat 2)Sementara itu, The World Organization of the Scout Movement (WOSM) menyatakan bahwakepramukaan adalah :
a. Pendidikan Sepanjang Hayat,
yang artinya :Kepramukaan merupakan pelengkap pendidikan sekolah dan pendidikan dalam keluarga,mengisi kebutuhan peserta didik yang tidak terpenuhioleh kedua pendidikan tersebut.Kepramukaan mengembangkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik, minat uantukmelakukan penjelajahan/penelitian, penemuan dan keinginan untuk tahu.
b. Kegiatan kaum muda,
yang artinya :Kepramukaan adalah suatu gerakan, suatu proses, atau aktivitas yang dinamis dan selalubergerak maju. Kepramukaan sebagai proses pendidikan dalam bentuk kegiatan bagiremaja dan pemuda itu dimanapun dan selalu berubah sesuai dengan kepentingan,kebutuhan dan kondisi setempat. Peserta didik pramuka memberikan darma baktinyasesuai kebutuhan masyarakat setempat.
c. Rekreasi yang edukatif,
yang artinya :Kepramukaan, sebagai proses pendidikan dalam bentuk kegiatan, menggunakan tata cararekreasi dalam mencapai tujuan dan sasarannya kegiatan itu harus dirasakan oleh pesertadidik sebagai suatu yang menyenangkan, menarik, tidak menjemukan, bukan paksaan.Kepramukaan bukan sekedar rekreasi. Dengan rekreasi itu, peserta didik dikembangkankemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan rasa sosial sertaspiritual.
Page 1
 Arsip 2002 


 
UKM Racana Pandawa – Politeknik Negeri Semarang
FUNGSI
Gerakan Pramuka berfungsi sebagai lembaga pendidikan di luar sekolah dan di luar keluargaserta sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda menerapkan Prinsip DasarKepramukaan dan Metode Kepramukaan serta Sistem Among, yang pelaksanaannya disesuaikandengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia (AD GP BabIII pasal 7).Dapat juga dikatakan bahwa Fungsi Kepramukaan adalah:1)
PERMAINAN
, bagi peserta didik permainan yang menyenangkan, menarik dan mengandungpendidikan.2)
PENGABDIAN
, bagi orang dewasa yang memerlukan keikhlasan, ketulusan dalammengabdikan dirinya bagi peserta didik.3)
ALAT UNTUK MENCAPAI TUJUAN
, yaitu untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.
SIFAT 
1) Gerakan Pramuka adalah Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia2) Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotannya bersifat sukarela, tidakmembedakan suku, ras, golongan dan agama.3) Gerakan Pramuka bukan organisasi sosial politik, bukan bagian dari salah satu organisasikekuatan politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.4) Gerakan Pramuka ikut serta membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dibidang pendidikan, khususnya pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga.5) Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya memeluk agama dankepercayaan masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
(AD GP, Bab III pasal 7)
Dalam
ART GP, Bab III pasal 8
, ditambahkan bahwa sifat Gerakan Pramuka adalah:1) Gerakan Pramuka adalah proses pendidikan sepanjang hayat.2) Gerakan Pramuka terbuka bagi setiap warga negara Indonesia yang bersedia dan sukarelamenjadi anggota Gerakan Pramuka.3) Gerakan Pramuka melaksankaan kegiatannya sesuai dengan keadaan dan perkembanganmasayrakat dan bangsa Indonesia.4) Gerakan Pramuka melaksanakan kegiatan yang bersifat Internasional untuk membinapersahbatan, persaudaraan dan perdamaian dunia.5) Gerakan Pramuka melaksanakan kepramukaan yang bersifat Universal yang dapatdilaksanakan di mansa saja, dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang disesuaikan dengan kepentingan nasional.
KODE KEHORMATAN PRAMUKA
1) Terdiri atas Janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma merupakansuatu unsur dari Metode Kepramukaan dan alat pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan.2) Merupakan Kode Etik Anggota Gerakan Pramuka baik dalam kehidupan pribadi maupunbermasyarakat sehari-hari yang diterimanya dengan sukarela serta ditaati demi kehormatandirinya.3) Bagi Anggota Gerakan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohanidan jasmaninya, yaitu:
Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma
Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas Tri Satya Pramuka Penggalang danDasadarma
Page 3
 Arsip 2002 

 
UKM Racana Pandawa – Politeknik Negeri Semarang
Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegakdan Pandega dan Dasadarma.
Anggota Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.(
AD GP Bab IV pasal 12
)
PRINSIP DASAR KEPRAMUKAAN
1) Prinsip Dasar Kepramukaan, adalah:a. Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esab. Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinyac. Peduli terhadap diri pribadinyad. Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka2) Prinsip Dasar Kepramukaan sebagai norma hidup seorang anggota Gerakan Pramuka,ditanamkan dan ditumbuh kembangkan melalui proses penghayatan oleh dan untuk pribadinya,bagi peserta didik dibnatu oleh pembina,sehingga pelaksanaan dan pengamalnnya dilakukandengan penuh kesadaran, kemandirian, kepedulian, tanggung jawab serta keterikatan moral,baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.
METODE KEPRAMUKAAN
1) Metode Kepramukaan merupakan cara belajar progresif melalui:a. Pengamalan Kode Kehormatan Pramukab. Belajar sambil melakukanc. Sistem berkelompokd. Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai denganperkembangan rohani dan jasmani peserta didike. Kegiatan di alam terbukaf. Sistem tanda kecapakang. Sistem satuan terpisah untuk putera dan puterih. Sistem among2) Metode Kepramukaan pada hakekatnya tidak dapat dilepaskan dari Prinsip DasarKepramukaan.Keterkaitan itu terletak pada pelaksanaan Kode Kehormatan.3) Metode Kepramukaan Sebagai suatu sistem terdiri atas unsur unsur yang merupakansubsistem terpadu dan terkait, yang tiap unsurnya mempunyai fungsi pendidikan yang spesificdan saling memperkuat serta menunjang tercapainya tujuan.
MOTTO GERAKAN PRAMUKA
1.Merupakan bagian terpadu proses pendidikan untuk mengingatkan setiap anggotaGerakan Pramuka bahwa setiap mengikuti kegiatan berarti mempersiapkan diri untukmengamalkan kode kehormatan pramuka.
2.
Adalah
SATYAKU KUDHARMAKAN,DHARMAKU KUBAKTIKAN
(AD GP BAB IVPasal 12)
Mau dibawa kemana Pramuka?
Hymne Pramuka :”... Manusia Pancasila ...””... Satyaku... Kudharmakan ...”
Page 4
 Arsip 2002 

 
UKM Racana Pandawa – Politeknik Negeri Semarang
”... Dharmaku... Kubaktikan ...””... Agar Jaya Indonesia ...”
Page 5
 Arsip 2002 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar